Senin, 15 Oktober 2012

Hikmah Jum'at

Hidup penuh dengan aturan, dunia juga diciptakan penuh dengan aturan dan keteraturan. bayangkan bila bumi, bulan, matahari, bintang, dan planet-planet lainnya tidak teratur orbitnya, pastilah sudah bertabrakan sejak lama. Orang-orang yang beriman selalu menaati segala aturan yang ditetapkan oleh tuhannya dengan menjauhi segala larangan  dan melaksanakan segenap perintahNya. sebuah ketidakteraturan tentu saja akan mengakibatkan kekacauan, kerusakan.

Contoh nyata, seseorang hanya akan bisa hidup sehat dengan mau menjaga segenap kesehatan yang telah dianugerahkan kepada dirinya. Telah diciptakan malam untuk beristirahat dan siang untuk mencari karuniaNya. Jika hendak melawan aturan ini dengan cara mencari karunia di saat gelap tiba dan tidur pada saat matahari sedang bersinar dengan terang benderangnya, maka tinggal menunggu penyakit yang akan menggerogoti tubuh pada akhirnya.

Aturan telah benar adanya, hanya saja memang terkadang manusia selalu mencoba mengingkari segala aturan yang melekat pada dirinya. Manusia dengan akal fikiran dan hawa nafsunya berusaha mencari celah dari setiap aturan yang telah ada, mencari ruang yang terkecil untuk melakukan pembangkangan. Selalu saja menyalahgunakan logika dangkalnya membenarkan segala pembangkangan dan penyangkalan kodrat diri.

Jadi seyogyanya, seorang muslim yang baik selalu paham dan tahu aturan. hidupnya penuh dengan keteraturan. Mulai dari istirahat teratur, beribadah teratur, makan teratur, sedekah teratur, dan lainnya. karena pada dasarnya hidup dan kehidupan bersandarkan pada sendi keteraturan. Maka hanya orang-orang yang mau diatur dan memahami keteraturan sajalah yang akan mendapatkan keselamatan dunia dan akhirat.

Posting Komentar